Selasa, 15 September 2015

Resah Sebelum Nikah




 Buat yang belum nikah tapi terlanjur baca postingan ini, jangan mendadak mundur dulu ya.. 

Ini Cuma rangkuman cerita pengalaman dari orang-orang terdekat gue yang kebetulan sebelum nikah  mampir ke gue dulu buat sekedar cerita apa yang terjadi dengan diri mereka terakhir.

Ternyata hampir dari semua cerita, isinya pasti tentang kegalauan hati. Banyak macem temanya, dimulai dengan,  galau karena duit kurang.

Ya kita semua tau yaa.. bikin acara pernikahan di Indonesia itu sama aja kaya ngerampok setengah apa yang kita punya.. susah banget mau mengaplikasi  kata-kata ‘sederhana’ ke dalam konsep pernikahan di Indonesia. Ujung-ujungnya kalo pernikahan yang katanya ‘ Sederhana’ pasti keliatan malah kaya minim budget, jadi sebenernya bukan ‘sederhana’ sih jatohnya tapi ‘pas-pasan’.  

Iyalah, gimana mau sederhana kalo semua orang diundang. Temen bapaknya si mempelai wanita, temen bapaknya mempelai laki2, temen ibunya mempelai wanita, temen ibunya mempelai laki2, temen2nya si penganten itu sendiri, temen-temennya sodara-kandung penganten, sodara-sodara penganten semua, yang biasanya ini nih yang paling menuhin gedung, nilai positifnya sih orang Indonesia sangat besar jiwa kekeluargaannya, jadi sodara jauuuuuuh sekalipun juga diundang, yang bahkan silsilah keluarganya udah banyak banget cabangnya. Tapi atas nama sodara tetep diundang.

 Udah gitu, adaaa aja alesan untuk buat acara kawinan gede, ‘ini mantu pertama’, terus ‘ini penghabisan, mantu terakhir’ begitu aja terus.

Masih masalah duit, keresahannya bercabang ke arah ‘kok dia ga nyumbang duit sebanyak gue sih?’ nah kan, cakep nih.. hati-hati guys n girls, banyak percekcokan rumah tangga diawali dari sini. Cekcok antara besan vs besan, calon menantu vs calon mertua, sampe kedua mempelainya itu sendiri. Jadi sesulit apapun itu masalah pembagian uang untuk resepsi pernikahannya mendingan diomongin di awal-awal, daripada jadi omongan. Percaya ma gue, sekali lagi ya, daripada jadi omongan.

kalo masalah duit sih udah umum banget. Jadi buat yang berkecukupan dalam segi materi, plis ya jangan underestimate orang-orang yang tiba-tiba jadi sering ngomong ‘cari duit dulu ya buat modal  kawin’ karena modal kawin sesederhana apapun itu tetep gede pemirsah.. semangat yaaa buat yang lagi nabung buat modal kawiin, jangan putus asa.. apa yang kalian tabung itu worth it banget kok walau Cuma untuk 3 jam doang. Tapi kan 3 jam untuk seumur hidup..

Keresahan yang paling sering diumbar berikutnya adalah, ‘Is he/she The One?’
Beugh ini mah godaan setan terberat siiiss.. gue pernah denger ceramah tentang ini, kira-kira gini penjelasannya. Jadi kan pernikahan itu ibadah, nah setan itu benci banget kalo ada umat manusia yang beribadah, jadilah kita diracunin pikirannya dengan yang jelek-jelek tentang calon  pasangan kita itu supaya kita ga jadi beribadah. 

See.. kalo niat kita baik mau nikah dilawan dong setannya, inget-inget terus aja apa yang membuat kita awalnya pengen nikah sama pasangan kita ini. 

Gue pun dulu merasakan hal yang sama kok. Pas bilang mau nikah kayanya yakin banget, tapi mendekati hari H kayanya pengen cari cara biar diundur sampe taun depan gitu. Nah temen-temen gue pun banyaak banget yang ngerasain kaya gini. Ada yang bilang “gue baru tau dia kalo marah segitu anak kecilnya” ada juga yg bilang “ternyata dia pasif banget dalam hal ngurusin kawinan, sebenernya dia mau kawin ama gue apa ga sih?” terus “mantan gue ngubungin lagi nih, kayanya dia sekarang lebih makmur daripada calon gue deh” atau “mantan gue yang dulu ngeboongin gue tadi minta balikan.. jadi kangen” dan yang ujung-ujungnya  “gue masih punya waktu nih buat mikir lagi, menurut lo gue jadi nikah apa ga?” “kayanya gue ga yakin deh rumah tangga gue nanti bakal adem ayem kalo gini ceritanya”

Ckckckc.. kalo dipikir-pikir kita ini maunya apa sih ya.. belom nikah maunya ada yang ngajakin nikah, diajakin nikah mau, tapi kebingungan sendiri. 

Yaa wajar sih kalo kita jadi kebingungan, namanya juga memasukkan satu orang ke dalam kehidupan lo gitu. Itu menjelang nikah baru bingung sama ternyata ada sifat2 yang selama ini lo ga tau, pas nikah, tidur seranjang, tutup mata buka mata dia dia lagi yang lo liat, baru lo liat deh pastii ada sifat2 ngeselinnya yang baru lo ketahuin. Banyak banget pasti. Dan jangan gede kepala dulu, pasti kita akan berpikir awalnya kalo pasangan kita itu ngeselin banget, saking seringnya ngomong gitu kita sampe yakin kalo kita sama sekali ga ngeselin. Jangan salah sis, siapa yang tau diluaran sana pasangan kita juga ngerumpiin betapa ngeselinnya kita. 

Jadi menurut gue sih ya, back to basic aja.. yakin aja semua orang itu punya sifat baik dan buruk. Ada yang bisa diubah, ya usahain deh buat ngubah sifat ngeselin pasangan kita, tapi ada juga yang udah bawaan lahirnya ngeselin.. kalo itu yaa nasib namanya... hhohohoh...

Ga jarang juga gue liat temen-temen gue yang dari tampak luar kayanya ga ada yang salah dari persiapan pernikahannya, ga ada konflik yang cukup berarti. Tapi kok mukanya kuseem terus, ditekuk terus, kayanya stress akut gitu. Ternyata keresahan juga bisa berasal dari rumitnya persiapan pernikahan. ‘3 minggu lagi hari H, catering belum beres, pelaminan belum fix, undangan masih salah.. ini itu ini itu... aaaahhh diundur aja deeeehhhhhh’  

Saran gue; kalo punya duit lebih pakailah jasa Wedding Organizer. Kelaaaarrrr semuaaaa.... lo sebagai calon mempelai tinggal bilang maunya ky gimana.. kalo ga punya duit lebih, semua mau diurus sendiri, jangan sok-sokan jadi pesulap yang sebulan jadi tapi berharap kece kawinan lo. 
Luangin waktu yang cukup banget buat ngurus ini itu.. biar efisien survey-survey nya via internet aja. Jadi bisa kan dari tempat lo kerja, atau sebelum tidur gitu. Jadi pas mau eksekusi lo dah tau mau ngapain. Paling ga tips ini bisa meminimalisir keriwehan lah..

Nah, kira-kira Segitu aja ya rangkuman dari beberapa keresahan terpopuler yang dialami calon-calon mempelai. Kalo kamu resahnya karena apa? Resah karena mikirin persiapan pernikahan apa resah belum ada yang ngajakin nikah? *eh maap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar