Sabtu, 23 Mei 2009

selayang pandang di busway!

Bapak dan Anak Perempuannya atau.. ?

Saat itu udah pukul 8 malam. Gua baru aja keluar kantor. Jangan berpikir gua bekerja dengan sangat keras sampe lupa waktu dulu. Semenjak gua kerja di daerah Buncit dan rumah gua tetep di daerah rawamangun, pulang kerja jam 5 adalah sebuah kemungkinan yang jarang. Pertama, Buncit dan Mampang dan seterusnya adalah rentetan jalanan yang jalur buswaynya selalu dimasuki oleh kendaraan pribadi, bahkan memang diizinkan masuk oleh polisi saking padatnya kendaraan pada jam segitu. Kedua, temen-temen kantor gua pada betah2 amat di kantor, jadi gua ga pernah sendiri di saat harus nunggu perjalanan agak reda.
Yup.. pada saat busway yang gua naiki memasuki daerah kuningan. Masuklah seorang laki-laki paruh baya dengan seorang gadis remaja ke dalam bus, bergandengan tangan. Gua bisa bilang yang laki-laki paruh baya dan yang cewek remaja tentu dari penampilannya. Yaa mau tau dari mana lagi guaa.. namanya juga pengamatan selayang pandang doang. Well, sangat terlihat si laki-laki ini sangat pantas dipanggil bapak, dengan kerutan-kerutan yang jelas sekali di wajahnya, kulit yang sudah kendur di setiap keberadaannya, badannya juga ga sekokoh laki-laki muda lainnya, plus ada beberapa rambut putih yang sudah ingin menggantikan warna hitam rambutnya. Kemudian si gadis, yang gua prediksi dia adalah anaknya, sangat terlihat remaja dengan kunciran bermotif tokoh kartun, badan semok, kaos yang dipakai juga bergambar salah satu tokoh kartun. Yang paling jelas terlihat tentu paras muka si gadis yang mengisyaratkan bahwa umurnya belum juga genap 20 tahun. Ya.. gua berani memprediksi umurnya ga akan lebih tua dari 20 tahun.
Habisnya batere ipod, membuat kuping gua kali ini bebas dari sumpelan earphone. Hari yang ga begitu melelahkan juga membuat mata gua ga ngantuk sama sekali. Berarti mau ga mau, kuping gua bisa dengan bebasnya mendengar segala sesuatu yang terdengar di sekeliling gua, dan mata gua juga dengan liarnya bisa ngeliat apapun yang ada busway malam itu. Termasuk percakapan dan tingkah laku aneh si bapak dan si gadis.
Awalnya gua pikir gua salah denger,sampe akhirnya gua mendengar panggilan si gadis ke si bapak untuk kesekian kalinya. Dari panggilan itu, gua baru sadar kalo ternyata mereka bukan pasangan bapak dan anak, masa ada anak gadis manggil bapaknya dengan sebutan ‘Yank’ dan ber ‘aku-kamu’-an? Correct me if I’m wrong guys… tapi gua belom pernah ketemu pasangan bapak dan anak seromantis ini. Belom lagi adegan gelendotan si gadis ke si bapak, asli itu bukan adegan gelendotan yang dilakukan anak ke bapak, itu lebih kaya org pacaran. Terus percakapan yang berhasil kuping gua mau ga mau denger adalah (baca ulang de, mau ga mau denger yaa… bukannya gua nguping. Inget!) si bapak ngegombal! Owalaaahhh… begini kira2 :
Bapak : “Ya gaklah Yank… masa aku gitu siih..”
Si gadis : “Abis kamu tadi gitu siih..” si gadis mencubit perut si bapak dengan manjanya, sekali lagi sodara-sodara.. DENGAN MANJANYA!
Gua pengen banget ga denger dan ga liat semuanya. Bukan pemandangan yang enak menurut gua… tapi makin lama kayanya jadi menarik buat diperhatiin.. mayanlah ngilangin rasa bosen di busway.. hehehe
Mau ga mau otak gua jadi mikir dengan otomatisnya. Apa yang buat ni cewe mau sama bapak tua-ubanan-dan-kerutan ini? Jangan-jangan ni bapak kaya raya.. (yeah… bisa jadi toh, hari giniiii!) tapiii.. dari segi penampilan si bapak susah banget buat dibilang kaya raya. Baju, sepatu, dan rambutnya lusuh banget… terus apa yaa? Gue terus2an mikirin hal2 yang sebenernya ga penting banget buat gua pikirin…
Gak terasa akhirnya gua nyampe di pemberhentian gua.. Halimun.Dihalte ini gua kepisah sama mereka. Dan dalam hitungan detik, setelah gua menoleh ke tempat laen.. seketika gua udah lupa sama mereka, sepasang manusia yang tiba2 aja duduk di depan gua dan menunjukkan keanehan2 yang terpaksa gua cerna artinya dan gua analisis sendiri..
padahal… who were they? Kenal juga ga… ahahahha…. Ini salah satu enaknya naek busway atau kendaraan umum lainnya.. lo bisa liat fenomena-fenomena yang ga pernah lo liat di kehidupan standar lo… kaya fenomena kali ini… gua ga pernah liat ada sepasang bapak anak seromantis ini… gandengan tanganlah, cubit2an mesra laaah, manggil2 yank, aku kamu-an…. Huaaaaa……

3 komentar:

  1. iya enak naek busway...ada yang gak berani lewat jembatan penyeberangan, ada yang nurut suruh nunggu di halte halimun mau, romantis2 dah pokoknya.....

    BalasHapus
  2. kaya film2 jepang gitu ya... nunggu di halte..

    BalasHapus
  3. namanya itu sirik nda... daripada ngeliatin mereka mending mulai hunting juga deh...
    hahahaahaha

    BalasHapus